Sabtu, 25 November 2017

Jujur

Hai guys! Balik lagi sama saya Ferdy. Nah hari ini saya akan mengungkapkan sedikit mengenai kejujuran. Seperti yang kalian ketahui tema yang saya gunakan dalam blog saya ini adalah "Honest". Mengapa saya memberikan nama blog ini dengan tema Honest ? Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang kejujuran sangatlah sulit untuk ditemukan di dunia kita yang sekarang ini. Entah mengapa banyak orang jaman bilang bahwa jujur hanyalah membawa keburukan dan kepedihan bagi diri kita.

Tetapi sekarang saya bertanya, lebih baik kita tahu apa yang sebenarnya dan merasakan kesedihan atau kita terus hidup di dalam kebohongan yang terus - menerus kita alami ? Memang dengan mendengar kejujuran hati dan perasaan kita mungkin akan terasa sakit atau kita akan merasa sedih. Tetapi dengan begitu kita akan mengetahui kebenaran dan apa yang sebenarnya. Jujur adalah hal yang sulit kita akui dan juga hal yang sulit untuk kita terima. Bukankah begitu ? Tetapi dengan jujur semua akan menjadi lebih baik. Tidak ada lagi yang ditutup - tutupkan satu sama lainnya.

Jujur bukanlah hal yang mudah untuk kita ungkapkan. Mengapa demikian ? Bukan kah jujur itu sangat mudah dilakukan, hanya langsung berterus terang kepada orang lain ? Tidak semuanya seperti itu! Apakah kalian berpikir akan perasaan orang yang menerima pengungkapan dari diri kita itu ? Bila mungkin kita menyampaikan hal yang buruk mengenai dia atau bahwa kita tidak menyukai keberadaan dia di sekitar kita, apakah ia akan menerimanya dengan perasaan yang bahagia ? Tentu tidak! Mereka akan menerimanya dengan perasaan yang sakit dan terluka. Tetapi itulah "jujur", sulit untuk mengungkapkannya dan sulit untuk menerimanya.

Bisakah kalian bayangkan bahwa betapa sulitnya berkata jujur, terutama kepada orang yang kalian sayangi, dan yang selalu ada di samping kalian ? Tentunya sangat sulit yah.. Saya mengasihi dia, dan dia juga mengasihi saya, apakah mudah bagi saya untuk mengungkapkan hal yang sebenarnya mengenai kelemahan atau pun kekurangan yang ia miliki ? Ataupun suatu hal yang buruk mengenai dia ? Lebih baik perasaan itu disimpan, atau saya ungkapkan saja secara langsung dengan tidak memikirkan perasaannya ? Jujur bukan lah sekedar kita mengungkapkan suatu hal kepada orang lain, tetapi juga dengan memikirkan perasaan orang tersebut.

Belajarlah untuk menjadi orang yang jujur. Saya sendiri memang masih belum bisa seratus persen bisa jujur kepada semua orang. Motto hidup saya adalah "Kejujuran adalah awal dari segala kesuksesan". Dari situ saya berpikir bahwa kesuksesan yang sebenarnya akan kita raih dengan kita selalu jujur kepada semua orang. Jujur perlu kita terapkan dalam kehidupan kita sehari - hari. Bila kita bersikap jujur, banyak orang yang akan percaya dan kita selalu bisa menjadi orang yang diandalkan oleh mereka.

Mungkin itulah sedikit mengenai kejujuran teman - teman sekalian. KIta harus belajar untuk selalu jujur kepada orang lain. Memang menyakitkan tapi itulah yang harus dilakukan. Terima kasih kepada kalian semua yang sudah menyempatkan waktu kalian untuk membaca tulisan saya ini. Semoga bisa bermanfaat yaa... Sampai jumpa di tulisan saya yang berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar